in

Tips Membeli Mesin Cuci yang Awet

Pilih yang Hemat Listrik dan Garansinya Panjang

Hal terpenting yang harus Anda perhatikan saat berencana membeli mesin cuci yang bagus adalah kemampuan mesin cuci tersebut untuk menghemat air dan listrik. Berikut beberapa tips dalam membali mesin cuci yang bisa Anda gunakan untuk acuan sebelum menentukan pilihan.

Berbagai produsen mesin cuci pun turut meramaikan jajaran produk terbaiknya untuk bersaing di pasaran dengan berbagai fitur unggulan, seperti Sharp, Aqua, Panasonic, dan LG. Jika Anda berencana untuk membeli sebuah mesin cuci, Bang Mimin akan mengulas rekomendasi mesin cuci terbaik secara detail pada artikel ini.

7 Tips Membeli Mesin Cuci

Memilih mesin cuci yang bagus dan awet merupakan hal penting untuk membantu meringankan pekerjaan rumah tangga. Itulah sebabnya Anda perlu menyimak beberapa tips dari Bang Mimin dalam memilih mesin cuci sebelum menentukan pilihan. Merk mesin cuci terbaik saat ini ada bermacam-macam dan semuanya menawarkan fitur-fitur canggih yang harus disesuaikan dengan kebutuhan.

1. Perhatikan daya listrik pada mesin cuci

Semakin rendah daya listrik yang dibutuhkan, maka semakin hemat pula energi yang dibutuhkan. Pilihlah mesin cuci low watt terbaik jika Anda ingin menghemat pengeluaran listrik. Biasanya sales toko elektronik akan menjelaskan secara detail tentang hal ini.

2. Perhatikan bahan material body mesin cuci

Mesin cuci yang bagus pasti menggunakan material body yang kuat dan tidak mudah rusak. Material body mesin cuci pada umumnya terbuat dari plastik polimer, terutama mesin cuci dua tabung. Tapi saat ini banyak mesin cuci satu tabung yang terbuat dari stainless steel.

Material stainless steel bisa dikatakan lebih unggul karena anti karat dan tidak mudah rusak akibat benturan. Tapi tentu saja harganya lebih mahal karena lebih kokoh. Harga tersebut tentu sebanding dengan ketahanan mesin cuci yang awet dan dapat digunakan bertahun-tahun tanpa kendala.

3. Sesuaikan kapasitas muatan mesin cuci

Mesin cuci hemat listrik biasanya identik dengan kapasitas yang tidak terlalu besar. Karena besarnya kapasitas mesin cuci biasanya berbanding dengan besarnya tenaga yang digunakan untuk menggerakkan komponen motornya.

Tapi bukan berarti mesin cuci yang bagus dan berkapasitas besar membutuhkan daya listrik yang lebih besar. Ada mesin cuci yang kapasitasnya besar tapi tetap low watt. Jika kebutuhan mencuci Anda tidak terlalu banyak, sebaiknya pilih mesin cuci dengan kapasitas sedang, kurang lebih 7 kg hingga 9 kg supaya lebih hemat energi.

4. Tentukan pilihan antara dua tabung atau satu tabung

Mesin cuci satu tabung merupakan hasil inovasi lanjutan dari mesin cuci dua tabung. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Mesin cuci dua tabung biasanya harganya lebih murah jika dibandingkan mesin cuci satu tabung dengan fitur yang hampir sama, tapi Anda akan sedikit kerepotan. Anda harus memindahkan cucian ke tabung pengeringan jika proses di tabung pencucian sudah selesai, karena proses pencucian dan pengeringan berada di tabung yang berbeda..

5. Pilih front loading atau top loading

Mesin cuci top loading biasanya harganya murah, tapi membutuhkan air yang cukup banyak. Top loading ada yang satu tabung dan ada yang dua tabung. Sedangkan front loading biasanya agak mahal, tapi hemat dalam penggunaan air dan tidak terlalu boros. Mesin cuci satu tabung front loading memiliki keunggulan dari segi proses pencucian yang lebih aman, tidak rentan merusak serat pakaian dan tingkat kekeringan pakaian mencapai 90%.

6. Pilih mesin cuci yang tidak terlalu banyak fitur

Fitur-fitur pada mesin cuci juga mempengaruhi konsumsi listrik saat mesin cuci tersebut digunakan. Misalnya jika Anda memilih mesin cuci yang ada fitur mencuci menggunakan air panas, maka daya listrik Anda harus besar.

Jika daya listrik rumah Anda kurang dari 1300 watt bisa dipastikan fitur tersebut tidak bisa digunakan karna listrik akan padam sebab dayanya tidak kuat. Silahkan tanyakan fitur-fitur mesin cuci terbaik kepada sales toko terlebih dahulu. Pilih mesin cuci terbaik yang daya listriknya 450 watt jika ingin hemat listrik.

Banyaknya modul yang ditanamkan dalam mesin cuci modern sekarang ini perlu disikapi secara lebih hati-hati. Semakin kompleks pemrograman sebuah mesin cuci, semakin besar pula resiko kerusakannya. Oleh karena itu, pastikan bahwa pilihan-pilihan fitur yang ada memang sesuai dengan kebutuhan Anda, tidak lebih dari itu.

7. Pilih yang menawarkan garansi panjang

Merk LG rata-rata menawarkan mesin cuci dengan garansi 10 tahun. Jangka waktu yang cukup lama, tapi harganya memang sedikit mahal dibanding yang lain. Jika Anda membutuhkan mesin cuci yang awet dan tahan lama, pertimbangkan untuk memilih mesin cuci dengan garansi 10 tahun.

Demikian cara memilih mesin cuci yang baik, jangan lupa baca juga 10 rekomendasi mesin cuci terbaik dari Bang Mimin biar tidak salah beli.

What do you think?

One Comment

Leave a Reply

    One Ping

    1. Pingback:

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Loading…

    0
    mesin cuci terbaik

    Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik 2020

    Rekomendasi Laptop Terbaik Untuk Mahasiswa 2020